Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Naskah belum pernah dipublikasi sebelumnya, juga tidak dalam proses jurnal lain.
  • Naskah sesuai dengan template Agroteknika.
  • Jika ada, URL untuk referensi telah disediakan.
  • Teks memiliki spasi 1,5: huruf berukuran 12 poin, jenis font Times New Roman dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  • Teks tersebut mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis.
  1. Pengajuan Naskah sesuai dengan template Agroteknika (download disini).  Redaksi menerima naskah dari berbagai lembaga penelitian. Naskah yang diajukan merupakan hasil penelitian paling lama 5 tahun terakhir, belum pernah diterbitkan, tidak sedang dalam proses evaluasi publikasi lain, dan telah mendapat  persetujuan dari penulis pendamping (jika ada), sebagai pihak yang sama-sama bertanggung jawab terhadap substansi penelitian. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap permintaan kompensasi yang berkaitan dengan naskah. Naskah dikirim melalui link: . Naskah diketik menggunakan program MS Word, jarak satu spasi dengan 2,5 cm dari tepi kiri dan masing-masing 2 cm dari tepi atas, kanan, dan bawah kertas. Naskah diketik dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran font 12. Panjang naskah maksimal 15 halaman termasuk tabel, gambar, dan lampiran
  2. Bahasa. Agroteknika memuat artikel dalam Bahasa Indonesia. Pemakaian istilah Bahasa Indonesia agar mengikuti Kamus Besar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia edisi terbaru.
  3. Bentuk Naskah. Naskah disusun sebagai berikut: Judul tulisan (dalam bahasa Indonesia diikuti dengan bahasa Inggris), nama penulis dan afliasi, alamat E-mail, abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (maksimal 250 kata), dan kata kunci (Bahasa Indonesia dan Inggris), pendahuluan, bahan dan metode , hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka, dan lampiran (jika ada).
  4. Judul Naskah. Judul harus singkat (maksimal 15 kata), faktual, dan informatif, yang mencerminkan secara tepat isi naskah. Nama penulis serta nama lembaga (institusi) tempat kerja penulis disertai alamat lengkap, termasuk e-mail, dicantumkan di bawah judul.
  5. Abstrak. Memuat latar belakang, tujuan, metode, kesimpulan, dan implikasi hasil penelitian secara ringkas. Abstrak berbahasa Inggris merupakan terjemahan dari abstrak berbahasa Indonesia. Di bawah abstrak dicantumkan kata kunci yang merupakan terjemahan dari keywords (Agrovoc).
  6. Pendahuluan. Berisi latar belakang penelitian, permasalahan yang dihadapi, upaya yang telah dilakukan, pendekatan pemecahan masalah, sitasi pustaka, tujuan, dan hipotesis.
  7. Bahan dan Metode. Mengungkapkan secara jelas dan terinci mengenai tempat dan waktu penelitian, bahan dan peralatan yang digunakan, rancangan percobaan, metode analisis, dan prosedur penelitian yang dilakukan.
  8. Hasil dan Pembahasan. Menyajikan hasil penelitian dan pembahasan secara jelas dan lengkap yang mengacu pada tujuan. Pembahasan menjelaskan kaitan hasil dengan teori/hipotesis dan implikasi hasil penelitian.
  9. Tabel. Judul tabel singkat dan jelas, sehingga tabel dapat berdiri sendiri. Tabel diberi nomor urut sesuai dengan keterangan di dalam teks. Keterangan tabel diletakkan di bawah tabel. Huruf a, b, c dan seterusnya digunakan untuk tanda signifikansi sedangkan angka 1, 2, 3 dan seterusnya digunakan untuk keterangan tabel.
  10. Grafik dan Gambar. Grafik dibuat dengan garis cukup tebal, skala proporsional, diberi nomor urut dan penjelasan. Data grafik agar dilampirkan guna mempermudah proses pencetakannya. Foto bukan hasil rekayasa, hitam putih atau berwarna, dan kontras. Objek foto mempunyai ukuran yang jelas (TIDAK BURAM).
  11. Kesimpulan. Mengemukakan keluaran terpenting yang dihasilkan (teori/inovasi terbaru) dan menjawab tujuan, hipotesis, serta temuan lain selama penelitian.
  12. Ucapan Terima Kasih. Dapat ditulis jika dianggap perlu.
  13. Penulisan kutipan dan Daftar Pustaka. kutipan pustaka ditulis menggunakan tool Mendeley dengan style APA (American Psychological Association 6th edition), petunjuk lengkap penulisan kutipan pustaka dapat dilihat pada url: https://www.mendeley.com/guides/apa-citation-guide.
    Penulisan kutipan satu orang penulis pustaka: Hendra (2014) ... atau ... (Hendra, 2014).
    Penulisan kutipan dua orang penulis pustaka: Jones dan Wang (2011) ... atau ... (Jones & Wang, 2011).
    Penulisan kutipan tiga sampai 5 orang penulis pustaka: Mitchell, Smith, dan Thomson (2017) … atau … (Mitchell, Smith, & Thomson, 2017), kutipan lebih lanjut dapat disingkat menjadi nama penulis pertama diikuti oleh et al: Mitchell et al (2017) … atau …(Mitchell et al, 2017). 
    Penulisan kutipan tiga sampai 6 orang atau lebih penulis pustaka: Herdian et al (2019) … atau … (Herdian et al, 2019)
    Mengutip banyak karya dari satu tahun: (Mitchell, 2017a) atau (Mitchell, 2017b).

Ketentuan daftar pustaka sebagai berikut:

  1. Urutan daftar pustaka disusun berdasarkan abjad
  2. Semua pustaka yang diacu dalam naskah harus dicantumkan dalam daftar pustaka
  3. Pustaka dari internet disertai tanggal pada saat mengutip
  4. Mininimal 10 daftar pustaka
  5. Pustaka yang digunakan minimum 60% berasal dari jurnal 5 tahun terbitan terbaru
  6. Jika ada Nomor DOI (Digital Object Identifer) harus dicantumkan

Contoh penulisan pustaka:

Buku
Mitchell, J.A., Thomson, M., & Coyne, R.P. (2017). A guide to citation. London, England: My Publisher

E-Book
Mitchell, J.A., Thomson, M., & Coyne, R.P. (2017). A guide to citation. Retrieved from https://www.mendeley.com/reference-management/reference-manager

Jurnal
Putera, P. Novita, S.A., Laksmana, I.,  & Hamid, M.I. (2015). Development and Evaluation of Solar-Powered Instrument for Hydroponic System in Limapuluh Kota, Indonesia. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology. 5 (5): 284-288.

Jurnal Elektronik
Herdian, F., Jabbar, R., Batubara, F., Zulnadi, Z., Anas, I., & Yudistira, Y. (2019). Rancang Bangun Alat Pengaduk Kerupuk Adonan Tipe Horizontal. Journal of Applied Agricultural Science and Technology, 3(1), 157-165. https://doi.org/10.32530/jaast.v3i1.84

Prosiding
Sunarti, T.C., & Yuliasih, I. (2006). Fractionation of Sago Starch Using Hot Water Solubilization Method. Proceedings of Malaysian Chemistry Conference 2006 – International Conference on Green Chemistry. Petaling Jaya, Malaysia. 19-21 September 2006.

Skripsi/Tesis/Disertasi (Thesis or Master’s thesis or Doctoral dissertation)
Hendra. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Cerdas Pengembangan Agroindustri Karet Alam dengan Pendekatan Produktivitas Hijau (Master’s thesis). Retrieved from https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/69018

Website
Mitchell, J.A. (2017, May 21). How and when to reference. Retrieved from https://www.howandwhentoreference.com.

Paten
Robinson, J.M. (2010). Methods of digesting cellulose to glucose using slats and microwave (muwave) energy. US Patent No: US2010/0044210 A1.

Gambar
Millais, J.E. (1851-1852). Ophelia [painting]. Retrieved from www.tate.org.uk/art/artworks/millais-ophelia-n01506

Film
Hitchcock, A. (Producer), & Hitchcock, A. (1954) Rear window. United States of America: Paramount Pictures.

Program TV
Catlin, M., and Walley-Beckett, Moire (Writers), & Johnson, R (Director). (2010). Fly [Television series episode]. In Schnauz, T. (Executive Producer). Breaking bad. Culver City, CA: Sony Pictures Television

Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:

  1. Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
  2. Penulis mengakui bahwa Agroteknika berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
  3. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Agroteknika.