Perencanaan Sistem Pemasaran Online Produk Pertanian Melalui E-Marketplace

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dina Lare Dunensa
I Nyoman Gede Ustriyana
Gede Mekse Korri Arisena

Abstract

Angka pengguna internet semakin berkembang pada era revolusi industry 4.0. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis secara lebih luas, salah satunya dapat memanfaatkan berbagai media pemasaran online yang tersedia seperti marketplace. Sektor pertanian berpotensi untuk diterapkan pemasaran produk secara online yang mengadopsi konsep marketplace. Namun, berbagai tantangan muncul seiring dengan lahirnya berbagai marketplace di Indonesia, khususnya berkaitan dengan kemudahan penggunaan marketplace produk pertanian, mengingat pengguna internet di Indonesia beranjak dari berbagai rentang usia dan latar belakang. Artikel ini bertujuan membangun perancangan marketplace pertanian dengan menerapkan kualitas pelayanan marketplace yang baik dengan memperhatikan nilai user experience (UX), tingkat efektivitas serta tingkat efisiensi untuk pengguna. Metode yang digunakan dalam perancangan marketplace ini adalah metode five plane user experience elements yang terdiri dari lima tahapan antaralain Strategy Plane, Scope Plane, Structure Plane, Skeleton Plane, Surface Plane yang memiliki keterkaitan antar lapisnya. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden membutuhkan suatu aplikasi yang lebih menarik dalam segi tampilan seperti memberikan detail produk yang lengkap dengan hasil gambar yang nyata, juga menampilkan gambar dari sudut pandang yang berbeda – beda serta pemilihan huruf (font) dan tema warna yang sesuai. Sedangkan perancangan prototipe HiTani sebagai hasil dari adaptasi terhadap karakteristik dan kebutuhan konsumen menunjukkan hasil perhitungan Success Rate yang diperoleh pada pengujian tingkat efektifitas sebesar 85,6% dengan tingkat pencapaian sangat efektif, dan pengukuran terhadap tingkat efisiensi pada prototype ini nilai efisiensinya dalah 84,74% maka dapat disimpulkan bahwa prototype marketplace HiTani ini sudah efisien dari segi efisiensi waktu penggunaannya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Dina Lare Dunensa, Universitas Udayana

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

I Nyoman Gede Ustriyana, Universitas Udayana

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Gede Mekse Korri Arisena, Universitas Udayana

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

How to Cite
Dunensa, D. L., Ustriyana, I. N. G., & Arisena, G. M. K. (2021). Perencanaan Sistem Pemasaran Online Produk Pertanian Melalui E-Marketplace . Agroteknika, 4(1), 30-42. https://doi.org/10.32530/agroteknika.v4i1.97

References

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran Dan Penjualan Produk Bagi Umkm Di Jawa Timur. Retrieved from https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206
Asdarianto, Z. (2017). Perancangan User Experience Pebisnis Pada Sistem Pemasaran Waralaba Produk Umkm Menggunakan Metode Five Planes. Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342
Bongard-Blanchy, K., Bouchard, C., Bonnardel, N., Lockner, D., & Aoussat, A. (2015). User experience dimensions in product design: a consolidation of what academic researchers know and what design practitioners do. Journal of Design Research, 13(2), 107–124. https://doi.org/10.1504/JDR.2015.069754
Fachriyan, H. A., & Wijaya, I. P. E. (2019). Aplikasi Model E-Marketplace Dalam E-Agribusiness. Mediagro, 14(01), 12–24. https://doi.org/10.31942/md.v14i01.2614
Garrett, J. J. (2011). The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Website and Beyond (2nd ed.; New Riders, Ed.). California, US State: Pearson Education.
Huda, M., Winarno, W. W., & Lutfi, E. T. (2017). Evaluasi User Interface Pada Sistem Informasi Akademik Di Stie Putra Bangsa Menggunakan Metode User Centered Systems Design. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 5(2), 42–59. Retrieved from http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/download/77/64
Internet World Stats. (2020). Internet Usage in Asia. Retrieved September 8, 2020, from https://www.internetworldstats.com/stats3.htm
Mifsud, J. (2011). Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System. Retrieved January 26, 2021, from https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/
Nielsen, J. (2001). Success Rate: The Simplest Usability Metric. Retrieved January 26, 2021, from https://www.nngroup.com/articles/success-rate-the-simplest-usability-metric/
Prakasa, A. I. G., & Ardiansyah, F. (2018). Perancangan User Experience Aplikasi Marketplace Paket Wisata Indonesia untuk Wisatawan Lokal. Ilmu Komputer Agri-Informatika, 5, 51–60. https://doi.org/10.29244/jika.5.1.51-60
Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android Interface pengguna Android didasarkan pada manipulasi langsung menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan di dunia nyata , seperti menggesek ( swiping ), mengetuk. Jurnal Ilmiah Jurusan Sistem Informasi, 6(1), 661–671. Retrieved from http:/ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index