Evaluasi Preferensi Konsumen terhadap Kualitas Mie Instan Goreng Menggunakan Metode Analisis Konjoin

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abhelia Indah Zabrinquds Surya Balo
Jariyah Jariyah
Yushinta Aristina Sanjaya

Abstract

Penelitian ini didasari oleh cara konsumen menilai berbagai atribut kualitas mie instan goreng melalui metode analisis konjoin. Dengan pendekatan ini, diharapkan dapat diidentifikasi faktor-faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam memilih mie instan goreng. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap kualitas produk mie instan goreng dengan atribut preferensinya ditinjau dari pertimbangan utama konsumen dalam membeli produk mie instan goreng. Analisa ini menggunakan beberapa analisa yakni analisa karakteristik responden, uji validitas, uji realibiitas, analisa konjoin dan diakhiri interpretasi hasil. Hasil pertimbangan utama preferensi konsumen terhadap mie instan goreng pada mahasiswa menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh terbesar dengan nilai kepentingan 39,241. diikuti oleh bahan kemasan dengan nilai kepentingan 28,183, rasa dengan nilai kepentingan 21,302, dan bentuk kemasan dengan skor 11,319. Hal ini mengindikasikan bahwa atribut produk harga merupakan faktor dominan dalam keputusan pembelian. Sehingga hasil penelitian ini sangat relevan dan bermanfaat bagi masyarakat terkait preferensi konsumen mie instan goreng khususnya pada mahasiswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Abhelia Indah Zabrinquds Surya Balo , Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Program Studi Teknologi Pangan

Jariyah Jariyah, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Program Studi Teknologi Pangan

Yushinta Aristina Sanjaya , Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Program Studi Teknologi Pangan

How to Cite
Balo , A. I. Z. S., Jariyah, J., & Sanjaya , Y. A. (2024). Evaluasi Preferensi Konsumen terhadap Kualitas Mie Instan Goreng Menggunakan Metode Analisis Konjoin. Agroteknika, 7(4), 447-459. https://doi.org/10.55043/agroteknika.v7i4.316

References

Anggelina, N., Susilawati, R., & Hidayat, S. (2024). Analisis Kualitas Packaging Produk Terhadap Preferensi Dan Kesesuaian Produk Mie Instan. Manajemen Kreatif Jurnal, 2(1), 217-225.
https://doi.org/10.55606/makreju.v2i1.2749
Angriva, S., & Sunyigono, A. K. (2020). Persepsi dan preferensi konsumen terhadap produk madu pt kembang joyo. Agriscience, 1(1), 186-199. https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.7850
Brown, R., Liu, Y., & Zhang, L. (2022). Impact of various drying methods on the quality and shelf life of instan noodles. Journal of Food Engineering, 321, 111026. https://doi.org/10.1016/j.jfoodeng.2022.111026
Cahyanti, T., & Najib, M. (2016). Analisis preferensi konsumen terhadap atribut yogurt drink (studi kasus Kota Bogor Jawa Barat). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 176-183. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.1.19
Claudya, C., & Sitinjak, T. J. R. (2023). PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN DAN KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN LEMONILO DI JAKARTA UTARA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(11), 4301-4314. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i11.6112
Davis, C., Miller, A., & Johnson, P. (2021). Evaluation of instan noodles made with high-fiber ingredients for improved health benefits. Food Control, 130, 108290. https://doi.org/10.1016/j.foodcont.2021.108290
Edwards, H., Clark, J., & Richards, B. (2023). Impact of ingredient substitutions on the quality of instan noodles: A review. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety, 22(2), 998-1011. https://doi.org/10.1111/1541-4337.13000
Elisabeth, D. A. A., & Setijorini, L. E. (2016). Pendugaan umur simpan mi kering dari tepung komposit terigu, keladi, dan ubi jalar. Jurnal Matematika Sains dan Teknologi, 17(1), 20-28. https://doi.org/10.33830/jmst.v17i1.182.2016
Iriani, N. I. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Mie Instan di Kota Malang. IQTISHODUNA, 6(1).
https://doi.org/10.18860/iq.v0i0.313
Irsalina, R., Lestari, S. D., & Herpandi, H. (2016). Karakteristik Fisiko-Kimia dan Sensori Mie Kering dengan Penambahan Tepung Ikan Motan (Thynnichthys thynnoides). Jurnal FishtecH, 5(1), 32-42. https://doi.org/10.36706/fishtech.v5i1.3516
Kamal, M. A., Inn, A. H., & Imamuddin, M. J. (2019). Evaluasi Mutu Produk Mie Instan Berdasarkan Faktor Pengendalian Mutu. Tekmapro: Journal of Industrial Engineering and Management, 14(1), 53-60.
https://doi.org/10.33005/tekmapro.v14i1.30 http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1411693&val=6224&title=EVALUASI%20MUTU%20PRODUK%20MIE%20INSTAN%20BERDASARKAN%20FAKTOR%20PENGENDALIAN%20MUTU
Kim, J., Lee, S., & Park, S. (2021). Optimization of instan noodles using response surface methodology for enhanced quality. Food Quality and Preference, 90, 104943. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2021.104943
Liu, S., Zhang, W., & Chen, H. (2021). Effect of different frying conditions on the quality attributes of instan noodles. Journal of Food Science, 86(12), 5447-5456. https://doi.org/10.1111/1750-3841.15630
Maharani, N., Handayani, T., & Priyatno, P. D. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Mie Samyang Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(02), 99-110. https://doi.org/10.37366/jespb.v6i02.240
Martin, T., Williams, H., & Harris, R. (2022). The role of ingredients and processing on the quality of instan noodles. Journal of the Science of Food and Agriculture, 102(6), 2543-2552. https://doi.org/10.1002/jsfa.11504
Miller, R., Patel, M., & Wright, J. (2021). Sensory quality and consumer acceptance of instan noodles enriched with functional ingredients. Food Chemistry, 346, 131825. https://doi.org/10.1016/j.foodchem.2021.131825
Mulyana, L. I., & Sulistyawati, L. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Indomie (Studi pada Mahasiswa PTN di Surabaya). Jurnal Publicuho, 5(1), 22-49. https://doi.org/10.35817/jpu.v5i1.23470
Oktini, D. R. (2019). Kajian atas Preferensi dan Perilaku Pasar dalam rangka Merumuskan Strategi Pemasaran (Kasus pada Petani Budidaya Ikan Lele diKabupaten Bandung Barat). Jurnal Manajemen Dan Bisnis: Performa, 15(2), 145–160. https://doi.org/10.29313/performa.v0i0.4424
Rahman, S. A. (2022). Preferensi Remaja Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Korea Berbagai Merek Di Kabupaten Sumenep. Jurnal Pertanian Cemara, 19(2), 61-69.
https://doi.org/10.24929/fp.v19i2.2237
Smith, M., Thomas, J., & Turner, A. (2022). Quality evaluation of instan noodles prepared with alternative flours. International Journal of Food Science and Technology, 57(3), 1289-1298. https://doi.org/10.1111/ijfs.14602
Sunaryati, R. (2016). Analisis Permintaan Beras di Provinsi Kalimantan Tengah: Analysis of Demand for Rice in the Province of Central Kalimantan. Daun: Jurnal Ilmiah Pertanian dan Kehutanan, 3(2), 99-107. https://doi.org/10.33084/daun.v3i2.151
Thompson, G., Green, A., & Miller, R. (2022). Comparative analysis of instan noodle quality using different cooking methods. Food Quality and Preference, 95, 104788. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2022.104788
Wang, F., Liu, W., & Zhang, M. (2022). Influence of storage conditions on the quality and safety of instan noodles. Food Microbiology, 110, 104834. https://doi.org/10.1016/j.fm.2022.104834
Wang, X., Zhang, Q., & Zheng, Y. (2020). Nutritional and sensory evaluation of instan noodles fortified with plant-based proteins. Journal of Food Science and Technology, 57(12), 4567-4576. https://doi.org/10.1007/s11483-020-09650-8
Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 45. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12183
Wilson, L., Brown, P., & Chen, L. (2023). Development and quality assessment of instan noodles with added antioxidants. Journal of Food Science and Technology, 60(4), 2345-2356. https://doi.org/10.1007/s11483-023-08944-y
Yuliana, Y., Aribowo, E. K., & Setianingtyas, A. F. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Profil Dosen Menggunakan Analisis Konjoin. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 84-97. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.925