Agroteknika menerapkan kebijakan proses peninjauan/review sebagai berikut :

  1. Naskah yang dikirim penulis akan melewati proses review oleh editor, terutama pengecekan kesesuaian naskah dengan ruang lingkup jurnal, kesesuaian dengan template Jurnal dan cek similiarity dengan menggunakan iThenticate. Dalam proses ini, editor akan menjalin komunikasi dengan penulis sehingga naskahnya layak dikirim ke reviewer atau bahkan dikembalikan/decline.
  2. Naskah yang telah melewati langkah 1 diatas, selanjutnya dikirim kepada dua orang atau lebih reviewer dengan metode double blind peer review.
  3. Proses review akan mempertimbangkan kebaruan, objektifitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan dan referensi.
  4. Reviewer akan menyarankan artikel dalam 4 kategori yaitu:
    1. Reject (tolak) - Naskah yang ditolak tidak akan dipublikasikan dan penulis tidak akan memiliki kesempatan untuk mengirimkan kembali versi naskah yang telah direvisi ke Agroteknika.
    2. Resubmit for Review – Pengajuan naskah harus dilakukan kembali tetapi dengan perubahan signifikan, maka naskas tersebut dapat diterima. Namun, itu akan membutuhkan Review putaran kedua.
    3. Accept - Naskah diterima.
  5. Technical Editors dan Editorial Board akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah naskahnya memenuhi persyaratan Jurnal Agroteknika.
  6. Keputusan editor adalah final.